Tips Memilih Kekasih

jump-for-love

kompasiana

Berakhirnya hubungan antar kekasih, sebagian besar sudah dapat diprediksi. Bila dari awal filsafat hidup  berbeda, ujungnya pasti berpisah. Soalnya masing-masing pihak akan  memandang kebahagiaan secara berbeda. Satu pihak merasa bahagia dan pihak lain merasa tersiksa, sehingga pertengkaran jadi niscaya. Jika  tak ada yang mau mengalah, maka pilihan satu-satunya adalah berpisah.  

Agar tak menjalin hubungan  lama dan sia-sia, ada baiknya mengenal  filsafat hidup calon kekasih, sehingga tak salah dalam memilih.

Pakar filsafat komunikasi Indonesia, A.M. Hoeta Soehoet memberi petunjuk tentang cara mengenali   filsafat hidup seorang,  yaitu dengan memperhatikan  jawabannya terhadap tiga pertanyaan pokok tentang kebahagian. Kombinasi jawabannya terhadap tiga pertanyaan tersebut  merupakan filsafat hidup yang bersangkutan.

Pertama, benda apakah yang membuatnya bahagia? Apakah:  a) benda material, b) benda spiritual, atau c) keseimbangan benda material dan spritual. Kedua, dimanakah kebahagiaan itu akan dinikmati? Apakah:  a) di dunia sekarang, b) di akhirat nanti, atau c) di dunia dan di akhirat juga. Ketiga,  dalam hubungan dengan manusia lain, siapa yang harus didahulukan? Apakah:  a) individu, b) masyarakat, atau c) seimbang antara individu dan masyarakat.

Biasanya, kalau dia memilih “benda material” akan cenderung ingin menikmati kebahagiaan “di dunia”  dan akan bersifat “individualis”. Bila dia memilih “benda spiritual”, maka akan cenderung bersifat ukhrowi, ingin menikmati kebahagiaan “di akhirat”, serta akan lebih mementingkan “masyarakat”  dibanding individu. Begitu juga bila memilih “keseimbangan benda material dan spiritual”, maka akan selalu menjaga “keseimbangan dunia dan akhirat” serta “keseimbangan individu dan masyarakat”.

Ilustrasi - Foto Kompas

Ilustrasi – Foto Kompas

Cobalah bandingkan filsafat hidup si dia  dengan filsafat hidup Anda. Apakah Cocok atau bertolak belakang? Kalau  cocok, sebaiknya  hubungan dipertahankan karena kemungkinan  akan langgeng sampai tua. Bila filsafat hidupnya tidak cocok atau bertolak belakang,  hanya tersedia tiga pilihan: 1) berbesar hati menyesuaikan diri dengan filsafah hidup si dia, 2)  berupaya sekuat tenaga dan fikiran mengubah filsafah hidup si dia agar sama dengan Anda, atau 3)  putar haluan mengayunkan langkah berpisah.

Selanjutnya terserah Anda???

One thought on “Tips Memilih Kekasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>