Media dan Naluri Sosial

Naluri sosial mendorong seorang ingin menjalin hubungan dan bersama-sama dengan manusia lain. Naluri ini melahirkan dua naluri lainnya, yaitu: 1) naluri ingin tahu, mendorong kita ingin mengetahui tentang segala sesuatu, termasuk  tentang manusia lain, dan 2) naluri berkomunikasi, mendorong kita saling berkirim pesan dengan manusia lain.

okezone

okezone

Bagi saya, media sosial seyogyanya digunakan untuk memenuhi naluri sosial tersebut. Sebagai sarana merekatkan silaturrahmi, menumbuhkan simpati dan empati, serta berbagi keceriaan dan informasi antar sesama anak negeri. Bukan sebagai ajang membakar emosi, menyemai benci, dan memupuk antipati. 

Ironis jika media sosial dipakai sebagai sarana provokasi!!!  Apalagi dipakai untuk menumpahkan kebencian berbau SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) yang bisa memecah belah NKRI.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>