Ijazah Palsu

Menteri Ristek & Dikti, M. Nasir  mengungkapkan, pemegang ijazah palsu bisa diancam hukuman 10 tahun penjara  dan denda Rp 1 Miliar. Ancaman tersebut sangat berat, bahkan lebih berat dibanding hukuman untuk pengedar narkoba.

Menurut saya, hukuman berat bagi pemegang ijazah palsu pantas jika motif mereka memang untuk menipu orang lain, apalagi untuk menipu negara. Misalnya, bagi yang menggunakan gelar untuk menjadi pegawai, sebagai syarat kenaikan jabatan, atau agar bisa diakui sebagai  staf ahli pada sebuah proyek pemerintah.

Ada juga sebenarnya, penyandang gelar palsu yang hanya  digunakan untuk  menipu diri sendiri. Sebab tanpa gelar itu pun, kompetensitas dirinya sudah setara bahkan melebihi menyandang gelar seperti itu. Misalnya, kemampuan dan pengetahuan Rhoma Irama di bidang musik dangdut, pasti melebihi mereka yang bergelar Doktor. Jadi sebenarnya Rhoma Irama tidak memerlukan gelar Doktor.

IjazahPalsu

Tarif ijazah bodong

Mengenai gelar Doktor, saya memiliki pengalaman sedikit menggelikan ketika berada di Papua. Seorang Kepala Distrik (Camat) berkenalan sambil memberikan kartu nama. Saya lihat di depan namanya tertera gelar Dr (baca Doktor). Saya langsung “salut” pada yang bersangkutan karena  Bupati maupun Gubernurnya saat itu belum bergelar Doktor.

Iseng saya tanya: “Bapak kuliah S3-nya dimana?”  Saya lihat dia bingung untuk menjawab. Dia seperti salah tingkah karena tahu saya dosen dari Jakarta.

“Mohon maaf, Bapak ngambil gelar Doktornya dimana?” tegas saya.

“Di Jakarta Pak”,  ujarnya tanpa menyebut kampus apa. “Wisudanya tahun X di Hotel Y”. Dia menyebut tahunnya dan nama sebuah hotel bintang lima yang berlokasi di Jakarta.

Mendengar penjelasan tersebut, saya langsung yakin sang Camat  memiliki ijazah palsu dan gelar Doktornya pasti “bodong”. Menggelikan lagi setelah saya tanya kuliah S2-nya, ternyata yang  bersangkutan  tak pernah menempuh  pendidikan S2.  (salamdaristadela)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>