Hati-hati Penistaan

Penistaan, kalau merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti “penghinaan”, sehingga seseorang akan dianggap melakukan penistaan bila ada perkataan atau perbuatannya yang menyebabkan orang atau pihak lain merasa terhina.

Sejauh perkataan maupun perbuatan seseorang tidak menyebabkan ada orang lain merasa terhina, bukan termasuk sebagai penistaan. Sebaliknya, meski menyampaikan pujian, tapi membuat orang lain merasa terhina, bisa digolongkan sebagai  penistaan. Jadi kalau ada yang bilang: “Bang Arje ganteng!” bisa digolongkan sebagai penghinaan he.. he..

Hati-hati-dengan-InformasiPersoalannya sekarang, kita berada di dunia tanpa sekat. Meski bicara dan melakukan sesuatu di ruang terbatas, bisa bablas seketika beredar tanpa batas. Perbuatan dan perkataan yang tidak  ditujukan untuk menghina, bisa dianggap menista oleh masyarakat di luar lokasi kejadian. Lihatlah betapa gonjang ganjing pelaporan penistaan yang kita saksikan sekarang bukan oleh masyarakat yang menyaksikannya.

Karena “kasus penistaan” bisa saja mendera semua orang, maka alangkah baiknya kalau kita saling mengingatkan agar hati-hati dengan perkataan. Hati-hati pula mengupload perbuatan mapun  perkataan yang potensial menimbulkan persoalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>