Gatot

Gatot, dalam bahasa Jawa merupakan nama penganan cemilan, tapi tidak mungkin orang menamakan anaknya Gatot terinspirasi oleh enaknya cemilan tersebut. Seingat saya, orang bernama Gatot, semuanya berbadan kekar dan tampan, sehingga saya menduga nama Gatot merupakan singkatan Gagah dan Berotot.

Mungkin nama tersebut terinspirasi tokoh Gatot Koco yang  perkasa atau oleh Jenderal Gatot Subroto, sang pahlawan. Harapan orang tuanya, agar Gatot tumbuh menjadi pria gagah, tampan, dan jadi panutan.

Saat ini ada tiga nama Gatot yang  ngetop, sering jadi pemberitaan. Ketiganya gagah, tampan, dan berkedudukan, yaitu:  Gatot Nurmantyo,  Jenderal Angkatan Darat  yang gagah dan sekarang  menjabat sebagai Panglima TNI; Gatot Pujo Negoro, mantan Gubernur Sumatera Utara yang ganteng; dan  Gatot Brajamusti, pria flamboyan pemilik padepokan di Sukabumi yang baru terpilih sebagai Ketua Parfi (Persatuan Atis Film Indonesia).

Sayangnya, dari tiga Gatot tersebut,   hanya Gatot Nurmantyo yang layak jadi panutan. Sedangkan Gatot Pujo Negoro  ditangkap KPK karena korupsi dan Gatot Brajamusti diciduk polisi karena narkoba dan kasus perkosaan. Sekarang duo Gatot  ini meringkuk di hotel prodeo sebagai pesakitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>