Menjaga Citra Tentara

Belum hilang dalam ingatan, ketika anggota TNI AU Riau begitu beringas memukul fotografer Riau Pos, pertengahan Oktober 2012, sekarang kasus serupa terjadi di Ambon. Beberapa anggota Detasemen Kavaleri Kodam 16 Pattimura menganiaya wartawan Koran Harian Info Baru dan kontributor Kompas.com. 

Kejadian tersebut bisa merusak citra TNI sebagai lembaga yang dikenal telah sukses melakukan reformasi organisasi. Agar hal seperti ini tidak terjadi lagi di masa depan, kiranya dalam tubuh TNI perlu dikembangkan kesadaran sebagai berikut :

 

Pertama,  sekarang bukan lagi  Zaman Orde Baru, ketika pemberitaan media bisa dikendalikan.  Semua tindakan tercela  yang dilakukan pengelola negara, termasuk TNI  akan menjadi konsumsi pemberitaan media. Apalagi kalau tindakan tersebut  dilakukan terhadap wartawan.

Kedua,  sekarang bukan dalam situasi perang sehingga tidak perlu adanya solidaritas korp berlebihan. Pemberitaan negatif tentang salah seorang  anggota korp  tidak perlu disikapi sebagai ancaman terhadap korp secara keseluruhan.  Maka wartawan yang membuat pemberitaan negatif terhadap  korp  tidak  harus dibalas dengan kekerasan, apalagi hendak ‘dihilangkan’.

Ketiga, semboyan “kalau ada yang jual kita beli!” yang selama ini berkembang dalam jiwa TNI hanya cocok untuk musuh negara.  Sedangkan terhadap wartawan yang ‘tidak sejalan’  tidak perlu dianggap ‘sedang menjual’ sehingga “harus dibeli”.

Keempat,  penghormatan ‘kaku’ berdasarkan kepangkatan hanya cocok diberlakukan di dalam tubuh TNI dan tidak pas diterapkan dalam hubungan dengan wartawan. Wartawan tidak tepat  mendekati masyarakat dengan ‘bertolak pinggang’, tapi seharusnya dengan cara kemitraan.

Kiranya pendapat ini bisa menjadi renungan bagi TNI dan bahan introspeksi bagi wartawan yang meliput ketenteraan. Semoga  bisa dikembangkan hubungan harmonis antara tentara dan wartawan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>